Alasan demi anak istri, Zumi Zola minta KPK kembalikan uang yang disita dari brankas - BERITA EMAS - Berita Terkini, Berita Akurat, Berita Terpercaya

Breaking

Monday, November 5, 2018

Alasan demi anak istri, Zumi Zola minta KPK kembalikan uang yang disita dari brankas


 emaspk3.info

BERITA EMAS
 Gubernur Jambi non-aktif Zumi Zola Zulkifli meminta uang dalam brankas yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar dikembalikan. Dia menceritakan asal muasal uang tersebut. Saat maju Pilkada Jambi, Zumi dibantu dana oleh ayahnya yang tak lain Zulkifli Nurdin, Gubernur Jambi periode 1999-2005 dan 2005-2010.

Orang tua saya mengatakan akan membantu untuk keliling sekitar Rp 4 miliar dan 100 ribu dolar AS. Saya gunakan uang itu," ujar Zumi dalam sidang pemeriksaan terdakwa di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (29/10). Seperti dilansir Antara.

Setelah memenangkan pilkada, Zumi Zola menaruh sisa uang tersebut ke dalam brankas di rumahnya. Baik berupa mata uang rupiah maupun dolar AS. Dalam brankas juga ditemukan uang poundsterling dan dolar Singapura yang seluruhnya disita KPK. Zumi Zola meminta agar JPU KPK mengembalikan uang yang ada di dalam brankasnya.

"Saya minta uang di brankas dan di rumah dinas dikembalikan karena memang uang itu berasal dari penghasilan saya ini berasal dari jabatan sebagai gubernur dan untuk biaya istri dan anak saya yang masih kecil-kecil masih 4 dan 2 tahun, selama saya ditahan, istri saya bertahan dengan jualan jilbab," ungkap Zumi.

"Ya yang penting saudara bisa membuktikan asal uang itu dan dapat meyakinkan JPU," kata hakim Yanto.

Dalam kasus ini, Zumi Zola Zulkifli didakwa menerima gratifikasi Rp 40,477 miliar ditambah 177,3 ribu dolar AS (sekira Rp 2,594 miliar) serta 100 ribu dolar Singapura (sekira Rp 1,067 miliar) sehingga totalnya mencapai Rp 44,138 miliar dan mobil Alphard serta menyuap anggota DPRD Jambi senilai Rp 16,49 miliar. [noe]

Pages