Chat with us, powered by LiveChat Example

Ma'ruf Amin: Revolusi Mental Tidak Jelas Cuma Buat Amien Rais

 emaspk3.info

BERITA EMAS

 Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menanggapi soal pernyataan Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Amien Rais yang menyebut revolusi mental Joko Widodo (Jokowi) tidak jelas. Menurutnya, revolusi mental Jokowi tak jelas hanya untuk Amien Rais.

"Tidak jelas kan buat Amien Rais. Kalau buat Pak Jokowi kan jelas. Bagaimana mengubah mentalitas, mengubah persepsi," ujar Ma'ruf di Kantor DPD Golkar Depok, Jalan Boulevard Grand Depok, Depok, Jawa Barat, Sabtu 12 Januari 2019.
Ma'ruf menjelaskan revolusi mental yang digaungkan Jokowi membutuhkan proses. Membangun mental manusia menurutnya tak semudah membalikan telapak tangan.

"Bahwa belum semuanya (revolusi mental), itu kan nggak bisa kayak orang membalik tangan begitu. Maka itu ada sebuah proses," kata Ma'ruf.
Mantan Rais Aam PBNU itu menambahkan apa yang telah dialkukan Jokowi adalah untuk menyatukan bangsa dan negara. Serta melakukan perubahan fundamental. 

"Bagaimana menyatukan kita di dalam berbangsa, bernegara. Pembangunan budaya bangsa. Mengubah human resources menjadi human capital. Itu kan perubahan-perubahan yang fundamental," lanjut Ma'ruf.
Sebelumnya, Amien Rais mengkritik program revolusi mental yang diusung Pemerintah Joko Widodo (Jokowi). Kritikan itu disampaikan Amien saat peluncuran bukunya berjudul 'Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral'.

Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan revolusi mental Jokowi tidak punya kompas paradigma atau penunjuk moral, sehingga sangat lemah.

"Jadi menurut saya revolusi mental Pak Jokowi itu memang tidak jelas," ujar Amien Rais dalam acara peluncuran bukunya, di Jalan Daksa 1 Nomor 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 11 Januari 2019.

Sebab, kata Amien, tidak ada dokumen otoritatif dari pemerintah dalam revolusi mental Jokowi tersebut."Cuma memang ada break down-nya itu," kata politikus senior Partai Amanat Nasional ini

Dalam buku itu, Amien membahas tentang mental yang dinilainya sebagai sikap yang muncul dari suasana batin kejiwaan seseorang.

"Jadi kalau sikap kejiwaan seseorang itu pemberani, ya maka mentalnya pemberani. Orang malas mentalnya pengemis. Kemudian kalau ada orang yang planga-plongo itu dia punya mental pengikut," ujarnya.