Fadli Zon Sebut Rutan Tempat Dhani Lebih Buruk dari Kamp Nazi - BERITA EMAS - Berita Terkini, Berita Akurat, Berita Terpercaya

Breaking

Thursday, February 21, 2019

Fadli Zon Sebut Rutan Tempat Dhani Lebih Buruk dari Kamp Nazi

 emaspk3.info

BERITA EMAS

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fadli Zon menyampaikan keprihatinan terhadap kondisi Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur. Rutan yang kini dihuni kader Partai Gerindra, Ahmad Dhani Prasetyo itu dinilai Fadli lebih parah ketimbang Kamp Konsentrasi Nazi (Auschwitz).

"Menurut saya kurang manusiawi ya ini (Rutan Medaeng). Saya pernah ke kamp konsentrasi Nazi Auschwitz sampai sekarang masih ada, itu ada tempat tidur. Masih seperti apa adanya, saya kira kondisi di sana masih lebih baik," kata Fadli, Rabu (20/2).

Hal itu disampaikan Fadli setelah lebih dari dua jam lamanya Wakil Ketua Umum Gerindra itu melakukan kunjungan kerja ke sana.


Keprihatinan Fadli diungkap usai melihat kondisi seluruh sel yang diisi tahanan rutan. Menurut dia, rutan mengalami kapasitas berlebih (over capacity). Fadli menilai kelebihan kapasitasnya mencapai 500 persen.

Yang harusnya cuma untuk 550 orang, diisi oleh 2.779 orang jadi ini luar biasa. Ini juga di mana-mana ya," kata Fadli.

Fadli mengungkapkan dengan kondisi kelebihan kapasitas itu, untuk sekadar beristirahat saja sejumlah tahanan bahkan harus bergantian. Kondisi ini baginya tak manusiawi.

Ia mengatakan, kondisi ini hampir serupa dengan sejumlah rutan lain di berbagai daerah yang pernah ia kunjungi. Fadli menyoroti soal prasarana yang tidak manusiawi karena menumpuknya jumlah tahanan.

Tak hanya itu, Fadli juga menyoroti jumlah tahanan narkoba yang menumpuk banyak ketimbang tahanan kasus lain. Lalu juga soal jumlah petugas yang terbilang tak seimbang dengan banyaknya tahanan rutan. Ia menyebut ketimpangannya bahkan mencapai satu petugas banding dengan 120 tahanan.
Dalam kunjungan kerjanya, Fadli tiba di Rutan Medaeng sejak pukul 18.22 WIB hingga 20.50 WIB. Namun, selama itu, ia mengaku hanya sepintas saja bertemu dengan Dhani.

"Sebentar aja, ini melihat kamarnya (sel) juga, ya padat sekali, kalau enggak salah belasan orang," kata Fadli menceritakan keadaan sel yang dihuni pentolan Gerakan #2019GantiPresiden tersebut.

Sementara itu, Kepala Keamanan Rutan Klas I Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Andi Surya mengatakan Dhani kini menempati salah satu sel di Blok D. Sel itu kata dia, berukuran 2x4 meter dan berisi 10 tahanan.

Jumlah tahanan dalam sel yang ditempati Dhani tersebut diketahui tak ideal dan melewati batas kapasitasnya. Menurut Andi, untuk sel seukuran itu, seharusnya hanya dihuni lima tahanan.

Kondisi ini, kata dia, terpaksa lantaran Rutan Medaeng sendiri sedang mengalami kondisi kelebihan tahanan atau over capacity.

"Dhani di blok D, bersama 10 tahanan, idealnya 5 tahanan saja, tapi ya karena over capacity ini," kata Andi, saat dikonfirmasi. 

Pages