Chat with us, powered by LiveChat Example

Ngenes Banget Kaka, Rutan Medaeng Penuh, Begini Keadaan Ahmad Dhani Disana Menurut Kepala Rutan


 emaspk3.info

BERITA EMAS

 Kapastias Rutan Medaeng penuh sehingga tidak ada ruang untuk mengistimewakan Ahmad Dhani.

Pria berusia 46 tahun itu akan mendapat perlakuan sama seperti napi lainnya.

Kepala Rutan Kelas I Medaeng Teguh Pambudi mengatakan, Ahmad Dhani tiba sekitar pukul 11.00 WIB.Pria kelahiran Surabaya itu datang dengan pengawalan ketat dari polisi dan jaksa dari Pengadilan Negeri Surabaya.

"Rombongan Ahmad Dhani masuk sekitar pukul 11.00 WIB, dikawal oleh beberapa petugas kepolisian dan jaksa dari PN Surabaya," kata Teguh saat dihubungi detikcom, Kamis (7/2/2019).

Teguh menambahkan, tidak akan ada perlakuan spesial untuk Ahmad Dhani dari pihak rutan.

Menurutnya, semua napi mendapat perlakuan yang sama. Jadi, pentolan band Dewa 19 itu pun akan berbaur dengan tahanan lainnya.

"Semua tahanan yang masuk di Rutan Medaeng tidak ada keistimewaan. Hari pertama ini, Ahmad Dhani akan di tempatkan di Mapenaling, bersama tahanan yang lain," tambah Teguh.

Bahkan, Teguh menegaskan jika rutan tidak punya alasan dan ruang untuk mengistimewakan siapapun napi yang masuk.

Mengingat, jumlah napi yang ada sudah jauh melebihi kapasitas.

"Ketentuan itu berlaku terhadap siapa saja yang masuk di Rutan Medaeng. Saat ini penghuni Rutan Medaeng sudah mencapai 2.897 tahanan, padahal kapasitasnya 504 tahanan. Dengan kondisi seperti ini jelas tidak ada keistimewaan buat Dhani," lanjut Teguh.

Sebelumnya, Ahmad Dhani menjalani sidang terkait kasus pencemaran nama baik di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis (7/2/2019) pagi.

Guna memudahkan proses sidang-sidang selanjutnya, dia dipindahkan dari LP Cipinang Jakarta ke Rutan Klas I Medaeng.

Padahal di LP Cipinang, Ahmad Dhani tengah menjalani masa hukuman kasus ujaran kebencian.

"Kami belum mengetahui persisnya setelah sidang nanti. Apakah Dhani tetap di Medaeng atau kembali ke Cipinang," pungkas Teguh.

Batal Dikembalikan ke Cipinang, Dhani Langsung Dijebloskan ke Rutan Medaeng

Usai sidang dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Surabaya, Ahmad Dhani tak lagi balik ke Jakarta. Sebab, ia langsung dijebloskan ke Rutan Kelas 1 Medaeng, Sidoarjo, oleh jaksa.

Ditahannya Ahmad Dhani di Rutan Medaeng ini berdasarkan penetapan hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang sudah dipegang oleh jaksa.

Jaksa Penuntut Umum Rachmat Harry Basuki dalam persidangan menyatakan pada majelis hakim, bahwa pihaknya kini telah memegang surat penetapan dari Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dengan nomor 386/Pen.PID/2019/PT.DKI, terkait dengan pemindahan penahanan Ahmad Dhani di Surabaya.

"Mohon ijin majelis, kami memiliki surat penetapan PT DKI Jakarta perihal pemindahan tempat penahanan Dhani Ahmad Prasetyo," ujarnya, Kamis (7/2/19).

Ia menambahkan, surat penetapan tersebut, menyatakan bahwa selama Ahmad Dhani menjalani sidang di Surabaya, maka ia akan dipindahkan penahanannya dari Jakarta ke Surabaya. Itu berarti, selama sidang kasus "idiot", maka Ahmad Dhani akan tetap berada di Surabaya, tepatnya di Rutan Kelas 1 Medaeng.

Mengetahui adanya penetapan tersebut, tim kuasa hukum Ahmad Dhani pun mengajukan protes. Sebab, mereka juga memegang surat penetapan dari Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dengan nomor yang berbeda, yakni nomor 385/Pen.PID/2019/PT.DKI.

"Surat penetapan ini juga bicara soal penahanan Ahmad Dhani di Lapas Cipinang. Jadi ini bagaimana majelis hakim. Selain itu, keluarga Ahmad Dhani juga keberatan bila ia ditahan di Surabaya," ungkap salah satu kuasa hukum Dhani, Kemal Sihab.

Menengahi persoalan ini, Ketua Majelis Hakim Raden Anton Widyopriono pun menjelaskan, bahwa surat penetapan yang dipegang jaksa, merupakan surat penetapan pemindahan penahanan.

Sedangkan surat yang dipegang oleh kuasa hukum, merupakan penetapan penahanan Ahmad Dhani dalam kasus yang kini ditangani oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Jadi surat ini memang berbeda. Karena dalam kasus di Surabaya ini, yang bersangkutan tidak ditahan. Penahanan Ahmad Dhani masih menjadi kewenangan PT DKI Jakarta," ujarnya menjelaskan.

Usai sidang, Ahmad Dhani kemudian langsung digiring jaksa ke mobil tahanan kejaksaan. Sekira pukul 10.20 Wib, Ahmad Dhani pun tiba di Rutan Medaeng.

Sumber: detik.com & merdeka.com