Chat with us, powered by LiveChat Example

Rocky Gerung Dianggap Hina Pahlawan Nasional KH. Agus Salim, Hanum Rais Malah Salahkan Pelapor


 emaspk3.info


BERITA EMAS

Pengamat politik Rocky Gerung dilaporkan oleh perwakilan Forum Anak Nagari, Dony Magek Piliang ke Kepolisian Daerah Sumatera Barat, Selasa (5/3/2019).

Rocky Gerung dilaporkan lantaran ucapannya yang dianggap menghina pahlawan nasional asal Sumatera Barat, KH. Agus Salim.

Pernyataan Rocky yang dianggap sebagai hinaan itu ia lontarkan ketika mengisi diskusi di Adi TV, Jumat (22/2/2019) lalu.

Pemilik Adi TV yang juga anak dari Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Hanum Rais angkat suara atas pelaporan itu.

Melalui akun Twitter @hanumrais, Rabu (6/3/2019), Hanum Rais mengunggah video lengkap pernyataan Rocky Gerung yang diduga menghina KH. Agus Salim.

Dikutip dari tayangan video yang diunggah di akun Twitter Hanum Rais, berikut pernyataan Rocky Gerung di Adi Tv yang menuai polemik:

"Saya ulangi ceritanya lagi yang belum dengar, dalam satu perdebatan politik, Haji Agus Salim, Anda tahu kan wajahnya Haji Agus Salim kayak kambing ada jenggot di sini, tahu ya milenial? Pernah lihat wajah Agus Salim? Jenggot," kata Rocky Gerung.

"Haji Agus Salim lagi kasih ceramah di depan Adi Tv, pada waktu itu kita anggap saja sudah ada Adi Tv. Lalu ada penganggu dari ujung sana, mulai, "mbee..mbee.. (suara kambing)."

"Haji Agus Salim enggak bilang silahkan upload, Haji Agus Salim bilang begini, saudara-saudara panitia setahu saya, saya diundang di forum manusia, mengapa ada binatang di ujung sana?."

"Itu datang dari kecerdasan, kan begitu kita inginkan kan? Sehingga si makhluk penganggu tadi diam-diam dia pulang sebelum sempat men-download aqua," tambah Rocky Gerung.
Sementara dalam unggahan videonya itu, Hanum Rais mengatakan pelapor Rocky Gerung telah memotong pernyataan Rocky.

"Ini pernyataan lengkap @rockygerung tentang H. Agus Salim saat mengisi acara Kuliah Umum di @aditv_jogja yg kemudian dipotong konteksnya oleh pelapor.

Justru cerita ‘kambing’ yg ia utarakan menunjukkan kecerdasan intelektual dan emosional Haji Agus Salim saat berdebat," tulis Hanum Rais.
Diketahui, istilah kambing yang disebutkan Rocky Gerung untuk Haji Agus Salim memang telah populer sebelumnya.

Dilansir oleh buku 'Haji Agus Salim: The Grand Old Man', istilah itu muncul saat Agus Salim berada di Sarekat Islam.

Agus Salim mendapatkan sebutan kambing dari Muso yang saat itu berdiri di depan Agus Salim memberikan sindiran untuk Agus Salim.

Hingga akhirnya Agus Salim diberikan julukan seperti kambing dan kucing.

Namun, Agus Salim membalas sebutan itu dengan memberikan julukan lain pada orang yang menyindirnya.

Sementara itu, Dony Magek melaporkan Rocky Gerung karena, menurut pihaknya, pernyataan pengamat politik itu dianggap menghina wajah Agus Salim seperti kambing.

"Melaporkan tindak pidana dan ITE yang dilakukan oleh saudara Rocky Gerung, yang mengatakan H Agus Salim itu punya jenggot kayak kambing," kata Dony Magek Piliang kepada TribunPadang.com, Selasa (5/3/2019).

Video Rocky Gerung saat berada di Adi Tv itu pun menyebar melalui grup WhatsApp.

"Video Rocky Gerung yang mengatakan penghinaan itu sudah viral di media sosial, dan khusus di Sumatera Barat sudah menyebar lewat grup Whatsaps (WA), Facebook, dan lainnya," katanya.

"Pelaporan ini atas nama pribadi saya, mewakili Anak Nagari. Yang diserahkan ke Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), yaitu bukti CD rekaman acara Rocky Gerung di suatu tempat atau acara," tambah Dony.

(TribunWow.com/Tiffany Marantika)