Chat with us, powered by LiveChat Example

Normalkah Rambut Tumbuh di Area Puting Payudara?




BERITA EMAS
NEWBulu atau rambut sangat wajar tumbuh di beberapa bagian anggota tubuh. Seperti misalnya di alis, bulu tangan dan kaki. Tapi, bagaimana ya kalau rambut-rambut halus itu tumbuh di area puting payudara?

Sebagian Bunda pasti ada yang mengalami hal ini. Tapi enggak perlu panik dulu ya, Bun, karena menurut Kecia Gaither, M.D, Obgyn yang berbasis di New York, rambut di sekitar puting merupakan hal yang normal. Biasanya hal tersebut terkait dengan adanya perubahan hormon pada wanita.
Pubertas, kehamilan, menstruasi atau menopause bisa menjadi pemicunya. Pil KB pun juga dapat merangsang pertumbuhan rambut di puting. Jadi, Bunda tidak perlu takut karena dalam situasi tertentu, suatu kondisi yang dikenal dengan hirsutism dapat terjadi karena banyaknya rambut tumbuh yang disebabkan adanya produksi hormon pria yang berlebihan,"katanya dikutip dari Self.


Rambut yang tumbuh di area puting merupakan kondisi umum dialami para wanita. Pada beberapa Bunda, kondisi tersebut bervariasi ada yang panjang, kasar, dan gelap pada area putingnya, seperti ulasan Medicalnews.semua berdasarkan hormon dan gen bawaan dr manusia itu sendiri .,

Kondisi tersebut bisa saja terjadi, karena hampir setiap bagian kulit seseorang ditutupi rambut dan folikel rambut, Bun. Pada bagian tertentu seperti atas kepala, rambut biasanya juga tumbuh lebih panjang dan lebih tebal. Sedangkan pada bagian lainnya, cenderung lebih tipis dan transparan.

Beberapa alasan yang memungkinkan pertumbuhan rambut pada puting diantaranya perubahan dan fluktuasi hormon, Bun. Pada wanita, pertumbuhan tersebut dapat berkembang atau menjadi lebih jelas karena adanya perubahan hormon.
Hal ini juga dapat menyebabkan banyak gejala berbeda, salah satunya perubahan pertumbuhan dan warna rambut puting.

Biasanya, perubahan hormon umum terjadi selama kehamilan dan menopause. Namun, perubahan hormon juga dapat terjadi ketika Bunda berusia 20-30 tahun, dimana dapat menyebabkan rambut pada puting payudara berubah penampilannya.

Tidak hanya itu, ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan puting berbulu, Bun. Salah satunya adanya indikasi kelebihan hormon pria termasuk testosteron dimana dapat menyebabkan pertumbuhan rambut.
Biasanya, kelebihan hormon pria tersebut juga dibarengi dengan gejala kulit berminyak yang dapat menyebabkan jerawat saat menstruasi berhenti, adanya peningkatan massa otot, munculnya kebotakan seperti pola pada pria dimana menyebabkan wanita kehilangan rambut di kepalanya. Nah, untuk kasus ini, disarankan Bunda untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat, Bun!