Chat with us, powered by LiveChat Example

Menahan Kentut Ternyata Bisa Menyebabkannya Keluar Lewat Mulut, Kok Bisa?


  emaspk1.com

BERITA EMAS

 Kamu sedang berkumpul dengan teman-temanmu namun tiba-tiba kamu merasa ada suatu hal yang aneh di dalam perutmu. Kamu merasa ingin melepaskan gas yang terperangkap di perut namun situasi tidak memungkinkan kamu untuk melakukannya. Hal ini memaksamu untuk menahannya dan membuat perut semakin tidak nyaman.dan kadang bunyi itu bisa keluar dan membuat kita malu sama orang sekitar .

Menahan kentut ini mungkin merupakan sebuah hal yang sering kamu lakukan terutama ketika situasi tidak memungkinkan. Namun walau hal ini biasa dilakukan, menahan kentut ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan dan mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh.

Dilansir dari Times of India, kentut sesungguhnya merupakan bagian yang sangat normal dalam pencernaan seseorang. Gas di dalam perut ini terbentuk ketika bakteri usus mencerna makanan. Gas ini kemudia masuk ke rektum dan keluar melalui anus.

Ketika kamu menahan kentut, perutmu akan bergelojak dan menyebabkan kembung di dalam perut. Bukan saja tak nyaman, hal ini juga bisa menyebabkan munculnya suara-suara aneh di dalam perutmu.

Berdasar sebuah penelitian yang dilakukan oleh bagian Gastroenterologi di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, ketika kamu menahan kentut, gas ini mungkin keluar melalui mulutmu setelah dikeluarkan oleh paru-paru.

Karena gas di dalam perut ini sangat butuh untuk dikeluarkan, maka dia akan berputar di dalam tubuh hingga akhirnya dia dikeluarkan melalui napas. Hal lain yang mungkin terjadi adalah berupa munculnya kentut tanpa disengaja.

Hal ini menyebabkan sebaiknya kentut ini jangan ditahan terlalu lama. Kamu bisa pamit ke kamar mandi untuk buang angin agar tidak mengalami masalah ini.

Untuk mencegah munculnya maslaah ini, kamu bisa juga perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Sejumlah makanan seperti kubis dan brokoli bisa membuat produksi gas lebih banyak di dalam tubuh. [RWP]